Cari Tahu 5 Tipe Kulit dan Cara Merawatnya dengan Tepat

Tipe kulit dan cara perawatannya

 

Sebelum memutuskan untuk merawat kulit, Belle’s perlu mengetahui tipe kulit terlebih dahulu supaya bisa memilih perawatan kulit dengan tepat. Perbedaan tipe kulit pada setiap orang tentu menyebabkan perbedaan cara merawat kulit juga. Yuk, baca artikel ini sampai bawah supaya Belle’s melakukan perawatan kulit dengan tepat!

Tipe kulit yang perlu kamu ketahui

Sebelum Belle’s memilih cara perawatan kulit, tentu perlu mengetahui tipe kulit terlebih dahulu. Terdapat 5 tipe kulit yang perlu Belle’s ketahui yang meliputi:

1.  Kulit normal

Kulit normal merupakan tipe kulit yang diidamkan oleh banyak orang. Orang dengan tipe kulit ini tidak mempunyai kulit yang kering maupun berminyak sehingga mempunyai tingkat kekenyalan yang cukup. 

Biasanya kulit normal mempunyai sedikit permasalahan kulit bahkan tidak ada sama sekali sehingga sangat mudah melakukan perawatan untuk tipe kulit seperti ini. 

2. Kulit berminyak

Kulit tipe ini memproduksi sebum yang tinggi sehingga memproduksi minyak berlebih. Kondisi tersebut bisa lebih parah akibat perubahan  hormon, pertambahan usia, dan faktor lainnya. 

Umumnya, orang dengan tipe kulit ini mempunyai permasalah kulit berupa pori-pori besar, jerawat, dan komedo. 

3. Kulit kering

Kulit kering mempunyai tanda berupa kulit kurang elastis, kusam, dan kasar ketika dipegang. Kondisi tersebut disebabkan karena kurangnya kelembapan kulit yang membuat kemunculan retakan pada permukaan kulit. 

Orang dengan tipe kulit ini sering mengalami permasalahan kulit berupa rasa gatal, mudah merah, dan bersisik. 

4. Kulit kombinasi

Kulit dengan tipe ini merupakan hasil kombinasi dari beberapa tipe kulit, seperti pada bagian tertentu terasa berminyak, tetapi pada bagian lainnya justru terasa kering.  

Apabila kamu mempunyai tipe kulit ini maka sering menemui permasalahan kulit berupa pori-pori wajah besar, komedo, serta kulit tampak mengkilap. 

5. Kulit sensitif

Tipe kulit ini berbeda dengan kulit lainnya. Adapun tipe kulit ini sangat mudah mengalami iritasi. Orang dengan tipe kulit ini akan mudah mengalami gatal, rasa terbakar, kemerahan, serta pecah-pecah. Tipe kulit ini disebabkan oleh berbagai faktor, tetapi yang paling sering terjadi yaitu karena skincare  dan bodycare yang tidak cocok di kulit. 

Cara merawat kulit sesuai dengan tipenya

Setelah mengetahui perbedaan jenis kulit, kamu bisa memutuskan untuk merawat kulit sesuai dengan kondisi kulitmu saat ini. Berikut cara merawat kulit sesuai dengan tipenya:

1.  Kulit normal

Belle’s  perlu bersyukur ketika mempunyai tipe kulit ini, sebab kamu tidak perlu melakukan perawatan yang ekstra. Cukup dengan rutin menggunakan pelembap supaya kulit tetap terlindungi kelembapannya. 

2. Kulit berminyak

Beberapa cara merawat kulit tipe ini yakni dengan menggunakan produk yang bebas minyak (noncomedogenic), rutin mencuci wajah sehari dua kali, menghindari menekan jerawat, serta menggunakan produk perawatan kulit yang berbahan dasar air. 

3. Kulit kering

Kulit kering rentan mengalami kerutan dan terasa kasar. Kamu bisa mengatasi kulit kering tersebut dengan selalu menggunakan pelembap, menggunakan produk perawatan yang berbahan kimia ringan, mandi dengan durasi yang tidak terlalu lama, menggosok kulit badan dengan lembut, serta menggunakan produk perawatan yang berbahan dasar petroleum jelly

4. Kulit kombinasi

Merawat kulit kombinasi bisa kamu lakukan dengan menggunakan produk yang sesuai di bagian kulit menyesuaikan dengan kondisi kulit, rutin menggunakan pelembap, serta menghindari produk yang mengandung alkohol. 

5. Kulit sensitif 

Untuk merawat kulit sensitif, kamu bisa mencoba kenali faktor pemicu munculnya kulit sensitif, menggunakan produk perawatan khusus kulit sensitif, menghindari produk yang mengandung alkohol, pewangi, dan zat asam, serta memilih produk yang berlabel hypoallergenic

 


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *